KECANGGIHAN INTERNET: E-book Bukan Hal Asing Lagi

Jumat, 06 April 20120 komentar




Perkembangan teknologi internet memang begitu pesat. Kita menyadari hal itu bukan? Bahkan laju perkembangannya melebihi laju nafas kita. Itu tidak bisa dipungkiri oleh kita semua karena memang itu benar adanya. Bahwa semua elemen kehidupan di dunia bahkan tidak bisa lepas dari peranan teknologi, apalagi di kota- kota yang tingkat kecanduan teknologinya cukup besar.
            Teknologi internet memang merupakan salah satu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cukup pesat. Kok? Kenyataannya memang seperti itu. Perkembangan internet telah banyak mengubah pola pikir manusia, bahkan menuntut pola pikir tersebut untuk lebih canggih lagi. Banyak istilah- istilah yang sering kita dengar saat ini, yang pada mulanya timbul dari pola pikir tersebut. Istilah- istilah seperti e- book, e-library, e-magazine dan kata- kata lainya yang berawalan e- merupakan transformasi dari pola pikir manusia tersebut. Istilah- istilah atau lebih tepatnya sebuah kenyataan implementasi dari pola pikir tersebut kini telah mendarah daging di kehidupan kita. Dan kita mungkin banyak tahu pengertian dari istilah- istilah tersebut, tetapi tak ada salahnya jika kita membahas lagi hal ini kan? Kali ini saya akan membahas mengenai e book atau buku elektronik.
            E- book atau buku elektronik merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita apalagi yang hidup di ranah pendidikan. Penggunaan e- book sebagai salah media pendukung dalam pembelajaran memang membawa dampak yang sangat signifikan bagi peserta didik. Kok begitu? Ya, pembelajaran memang menjadi sangat efisien karena penggunaan textbook menjadi lebih sedikit. Guru atau dosen lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran karena semua telah menjadi format digital. Siswa tinggal meng-copy dan membacanya saja dari layar monitor. Semua serba mudah, kan?
            Nah, dari kenyataan di atas, saya akan membahas sedikit mengenai seluk beluk e-book atau buku elektronik, sehingga menjadi salah satu hal penting dalam dunia pembelajaran saat ini. Tidak keberatan, kan?
            E- book atau buku elektronik atau lagi disebut buku digital atau pun versi elektronik dari sebuah buku merupakan transformasi dari kumpulan- kumpulan kertas yang nyata di depan kita, yang kita tahu tebalnya berapa senti, kita tahu panjangnya berapa senti , itulah wujud nyata dari buku sebenarnya. Sama dengan e- book. Yang membedakan hanya kita tidak tahu tebal dan panjang sebenarnya berapa senti. Kita hanya tahu bahwa e-book juga sama dengan buku sebenarnya tetapi dalam format digital.
 Adanya e- book atau buku elektronik menarik minat kita karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku pada umumnya dan e- book juga memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah teks polos, pdf, jpeg, lit dan html. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.
Penggunaan e- book dinilai membawa dampak positif tersendiri. Salah satu bentuknya adalah untuk melestarikan literatur berbentuk buku yang banyak jumlahnya dan memerlukan biaya perawatan yang mahal. Buku- buku tersebut ditransfer ke dalam bentuk buku elektronik. Dalam hal ini akan banyak ruang dan juga upaya yang dihemat untuk merawat literatur-literatur tersebut.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sainun Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger